Sabtu, 07 Mei 2016

Hasud

Allah Swt berfirman, "Sebagian besar Ahli Kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan kamu kepada kekafiran setelah kamu beriman, karena dengki yang (timbul) dari diri mereka sendiri, setelah nyata bagi mereka kebenaran. Maka maafkanlah dan biarkanlah mereka, sampai Allah mendatangkan perintah-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu." (QS. al-Baqarah: 109)

Hasud bermakna keinginan untuk menghancurkan nikmat yang dimiliki orang lain yang terkadang dibarengi dengan usaha untuk menghilangkan nikmat itu.
Dengan mencermati ayat-ayat yang berbicara tentang sifat tidak baik tentang orang atau kelompok, kita dapat memahami peringatan al-Quran terkait sifat yang satu ini. Termasuk ayat yang membahas masalah ini adalah ayat 109 surat al-Baqarah yang menjelaskan bagaimana di awal ayat sebagian Ahli Kitab diperkenalkan memiliki sifat hasud dalam dirinya dan berharap umat Islam setelah beriman kembali menjadi kafir. Sejatinya, sifat hasud mereka telah mencapai puncaknya, sehingga mayoritas Ahli Kitab berharap selain mereka tidak beriman dan menjadi kafir.
Dalam surat an-Nisa ayat 54 juga seperti ayat sebelumnya yang menceritakan sebagian perilaku buruk Ahli Kitab. Allah Swt berfirman, "Ataukah mereka dengki kepada manusia (Muhammad) lantaran karunia yang Allah telah berikan kepadanya? ..."
Di ayat ini, Allah Swt menggunakan kalimat dengan nada bertanya yang maknanya adalah mencela mereka dan memperingatkan Nabi Muhammad Saw dan umat Islam tentang kedengkian dan hasud Ahli Kitab.
Dalam kisah Habil dan Qabil yang diceritakan dalam surat al-Maidah(1), sifat hasud dan dengki seorang saudara kepada saudara lainnya akhirnya berujung pada pembunuhan(2) yang termasuk dosa besar, dimana Allah Swt menjanjikan azab abadi kepada pelakunya. Pada hakikatnya, ayat-ayat ini dan ayat 109 surat al-Baqarah memberikan isyarat yang berisikan peringatan bahwa sifat hasud bakal berujung pada perbuatan mengerikan seperti pembunuhan atau menumbuhkan harapan agar orang lain menjadi sesat. Dengan demikian, hasud merupakan satu dari sumber utama dari kebanyakan perilaku buruk manusia.(3)
Dalam banyak riwayat tentang hasud telah diperingatkan secara serisu tentang dampak buruknya, termasuk hasud itu disebut sebagai asal kekufuran bagi orang yang memiliki sifat ini(4) dan nasib orang yang hasud hanyalah menyesali perbuatan serta membuat dosa menjadi berkali-kali lipat.(5) (IRIB Indonesia / Saleh Lapadi)

Catatan:
1. Lihat surat al-Maidah ayat 30, "Maka hawa nafsu Qabil menjadikannya menganggap mudah membunuh saudaranya, sebab itu dibunuhnyalah, maka jadilah ia seorang di antara orang-orang yang merugi."
2. Dalam riwayat dari Imam Shadiq as menyebut hasud sebagai sumber dari kejahatan yang dilakukan Qabil terhadap saudaranya Habil. (Abi an-Nadhr Muhammad bin Mas'ud al-Ayyasyi, Tafsir al-Ayyasyi, Tehran, al-Maktabah al-Alamiyah, jilid 1, hal 312)
3. Akhlak dar Quran, jilid 2, hal 119.
4. Bihar al-Anwar, jilid 78, hal 217.
5. Mizan al-Hikmah, jilid 2, hal 425.

1 komentar:

  1. SEGA Genesis - Sands Casino
    Play SEGA Genesis and over 온카지노 2000 slot machines, table 샌즈카지노 games, and more at the largest online selection at 제왕카지노 SEGA. Genesis Games. SEGA's library of Mega

    BalasHapus